Drifting yuuuks.....(bagian pertama)

on 28.6.12
Apa itu drifting??
nama makanan? atau nama minuman?
hehehe..bukan sobat jaksa....
Pernah nonton film The fast and The furious : Tokyo Drift?



nah, dalam film tersebut banyak sekali aksi drifting yang dilakukan....salah satunya seperti gambar di atas.
Drifting yang merupakan olahraga bermobil yang mampu memacu adrenalin kita pada tingkat tertentu.  seperti yang dilakukan drifter (sebutan untuk pengemudi drifting) kelas dunia sebut saja : Conrad Grunewald  dari USA atau Daigo Saito dari Jepang. (tapi yang di film fast and furious tokyo drift itu bukan olahraga lho..hehe)
Aman tidak..??
kalau dilakukan dengan teknik yang benar, tentulah resiko kecelakaan bisa diminimalisir.


So, tidak ada salahnya pada kesempatan kali ini, kita ulas sedikit dalam catatan seorang jaksa kali ini mengenai hobby atau olahraga yang satu ini, guna menambah khasanah pengetahuan kita tentang otomotif.
cekidot....
Drifting adalah suatu teknik mengemudi mobil, dimana pengemudi dengan sengaja membuat mobilnya mengalami kondisi oversteers (berputar berlebihan/tidak lazim) atau bisa di ibaratkan dimana mobil misalnya berputar ke kiri sementara roda menunjuk kanan atau sebaliknya.

Kesengajaan ini menyebabkan hilangnya traksi di roda bagian belakang, sehingga bagian belakang mobil cenderung berubah arah (slip) dan pada saat slip tersebutlah control penuh terhadap kendaraan sangat dibutuhkan, dan dengan teknik-teknik tertentu yang dapat dilakukan agar tidak loss of control (hilang kendali) sehingga sudut kemiringan kendaraan dapat dipertahankan untuk bisa tetap masuk ke dalam tikungan tertentu (kiri atau kanan) tanpa keluar jalur.

Sebagai disiplin ilmu olahraga otomotif, profesional drifting kompetisi diadakan di seluruh dunia dan dinilai sesuai dengan kecepatan, sudut dan jalur yang diambil melalui suatu pojok atau set sudut.


Drifting sebagai teknik mengemudi didokumentasikan sejak tahun 1930-an masih dipakai oleh pengemudi dari mobil Grand Prix sampai hari ini. Setidaknya salah satu bagian dari rekaman periode yang masih ada yaitu yang digunakan untuk mempromosikan penjualan mobil balap langka "Auto Union D-Type" secara jelas menggambarkan pengemudi menempatkan kendaraannya dalam drift yang terkontrol untuk navigasi sebuah tikungan di trek balap jalanan.

Drifting modern sebagai olahraga dimulai sebagai teknik balap populer di Semua ras Touring Car Championship Jepang. Legenda motor drifting, Kunimitsu Takahashi, adalah pencipta terkemuka teknik drifting di tahun 1970. 
Dia terkenal karena dia mampu menyentuh titik tertinggi (titik di mana mobil sangat dekat dengan bagian dalam dari putaran) dengan kecepatan tinggi dan kemudian melayang/slip melewati tikungan, mempertahankan kecepatan/speed yang tinggi saat keluar tikungan.
Hal ini membuatnya mendapatkan gelar juara dan beberapa legiun penggemar yang menikmati tontonan "ban merokok" (baca ; berasap)


Keiichi Tsuchiya (yang dikenal sebagai Dorikin/Drift King) menjadi tertarik dengan teknik drifting Takahashi. 
Tsuchiya mulai berlatih keterampilan drifting di jalan gunung Jepang, dan dengan cepat mendapatkan reputasi di antara penonton balap. Pada tahun 1987, beberapa majalah mobil dan bengkel Tuning yang populer setuju untuk memproduksi sebuah video keterampilan "Tsuchiya Drifting". 
Video, yang dikenal sebagai Pluspy, menjadi hit dan mengilhami banyak drifter profesional di sirkuit hari ini.
(bersambung....)
 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot