Drifting yuuuks.....(bagian ketiga-End of Rest)

on 8.7.12

Halo sobat jaksa, mau belajar drifting?? atau sekedar mengetahui lebih jauh teknik mengemudikan kendaraan dalam olahraga otomotif yang satu ini??
Kali ini dalam Catatan Seorang Jaksa akan membahasnya secara singkat, mudah-mudahan bisa dipahami. oke...cekidot!!!

Hal yang dapat dilakukan Sebelum Anda Mulai drifting:
  1. Aturlah dalam imajinasi anda sebuah kerucut di tengah area yang aman dari aspal. 
  2. Arahkan mobil anda untuk melaju hingga kerucutnya dan menarik tuas rem tangan dalam upaya untuk melakukan putaran (turn) Handbrake 180 derajat. 
  3. Berlatihlah untuk hal ini sampai Anda mampu mencapai putaran 180 derajat dari sejak saat Anda memulai.
  4. Pelajari cara untuk mengimbangi-steer dengan menarik tuas rem tangan dari kecepatan 50-60Kph (sesuatu yang kurang dipertimbangkan/diperhitungkan akan menyebabkan jumlah momentum yang tidak memadai untuk anda melakukan antisipasi ketika akan sampai di sekitar kerucut) dan berusahalah mengendalikan mobil sampai ke tujuan hingga mobil berhenti.
  5. Tingkatkan kecepatan dari setiap laju mobil sampai Anda merasa nyaman
  6. Cobalah lakukan juga kerucut 180 derajat.

Teknik rem tangan (Hand brake technique) :
  1. Akselerasi dan perpindahan persneling bersama ruang untuk putaran. Perseneling dua yang paling sering/ umumnya digunakan, karena memungkinkan variasi kecepatan yang paling luas dan terbaik untuk memanfaatkan torsi mesin.
  2. Injak Kopling.
  3. Putar setir ke bagian dalam belokan seolah-olah Anda akan berbalik arah. Sekaligus menarik rem tangan.
  4. Segera menekan sebagian pedal gas, menghela kopling, dan mengarahkan mobil ke arah slide, menggunakan gas untuk mengontrol sudut drift.
  5. Katup Gas Lebih banyak akan membuat mobil turn lagi dan ini juga menggerakkan mobil jauh dari pusat turn.
  6. Kurang bukaan gas akan mengurangi sudut, dan memungkinkan mobil bergerak ke arah dalam belokan lebih bebas.
  7. Dan lihatlah, Anda sekarang sedang Drifting!


Teknik Tendangan Kopling (Clutch Kick technique) :
  1. Teknik ini digunakan saat Anda sudah bergerak untuk meningkatkan sudut dan / atau membangkitkan kembali putaran roda.
  2. Ketika Anda Drifting, Anda mungkin merasa mobil mulai kehilangan sudut pergeseran dan tenaga (power). 
  3. Jika ini terjadi, Anda bisa menendang kopling untuk mencoba membangkitkan kembali putaran pada ban dengan menambah kecepatan. 
  4. Hal ini mirip dengan powershifting, dan Anda pada dasarnya mencoba untuk menciptakan 'decit' pada ban lagi dan lagi.
  5. Memasuki drift.
  6. sementara Anda masih memiliki kekuatan maka pertahankan, menendang pedal kopling masuk dan keluar beberapa kali secepat yang Anda bisa hingga mobil drift lagi.
  7. mengakhiri dengan kaki Anda off/diangkat dari pedal.
  8. tetap lakukan drift, dan ketika Anda merasa mobil mulai kehilangan sudut / tenaga cobalah untuk menendang lagi koplingnya.
Persiapan untuk Drift dengan Mobil penggerak roda depan (front Wheel Drive) :
  1. Masuklah ke area yang cukup besar dan terbuka.
  2. Tarik tuas rem tangan atau menggunakan rem parkir, kemudian mengendarainya keluar saat pertama atau ke dua guna mengatasi rasa takut Anda diawal mencoba.
  3. Mengatur sebuah kerucut di tengah-tengah tempat anda parkir.
  4. Melajulah sampai ke sana dengan kecepatan (antara 40 Kph dan 50 Kph atau sesuai yang diinginkan).
  5. Tarik rem tangan dan ubahlah arah kerucut. 
  6. Segera setelah Anda merasa bagian belakang mobil berubah arah, putar steer ke arah yang berlawanan. Hal ini dikenal sebagai penguncian berlawanan.
  7. Ulangi kunci yang berlawanan tadi pada kecepatan itu sampai Anda dapat mengendalikan mobil Anda dengan baik. Berlatihlah tentang ini, setidaknya selama beberapa minggu secara teratur sampai menjadi mahir. (Jangan lakukan ini di jalan raya, Hal ini berbahaya untuk orang lain dan dapat membuat Anda ditilang..hehe..)
  8. Perlahan-lahan tingkatkan kecepatan sampai Anda mahir dalam kecepatan yang anda suka. 
  9. Kenali bahwa kecepatan mobil Anda tidak boleh di atas kecepatan itu kecuali jika Anda sudah mahir dan rajin berlatih.
  10. Upgradelah pada kecepatan awal yang sama, balikan putaran kemudi dan menggoyangkannya secara keseluruhan sehingga mobil anda masuk ke dalam arah kerucut (bukan mengubah arahnya, Anda tidak siap pada tahap ini). 
  11. Seperti sebelumnya, ketika Anda merasakan bagian belakang mobil sudah masuk, lakukan kunci berlawanan tadi.
Drifting dengan Mobil penggerak roda depan (front Wheel Drive) :
  1. Mendekati putaran dengan kecepatan senyaman mungkin, terutama di perseneling 2 pertengahan.
  2. Tarik rem tangan sambil memutarkannya ke sudut, cobalah untuk tidak mengunci roda belakang.
  3. Anda harus tetap menjaga power (tenaga) mobil anda, cobalah tidak masuk kurang dari 1/2 bukaan gas pada setiap saat selama drift.
  4. Ketika Anda merasa mobil mulai understeer dan kehilangan sudut, tarik rem lebih keras.
  5. Ketika mobil tampaknya bergeser terlalu banyak, lakukan secara lebih progresif bukaan gas dan lepaskan rem tangan sebagian.
  6. Jangan terlalu tegang..hehe.., cobalah untuk merasakannya.
  7. Like This : hehehe...http://www.youtube.com/watch?v=e8JeDI9sxHc&feature=relmfu
Peringatan :
  • Jangan pernah drifting di jalan raya, karena Itu adalah ilegal. Mungkin tampak menyenangkan, tapi itu benar-benar tidak sepadan dengan risikonya. 
  • Di beberapa daerah, aktivitas ini dianggap membahayakan dan ceroboh, dapat membawa anda terkena sanksi hukuman pidana, pencabutan SIM dan banyak lagi.
  • Jangan masuk lebih cepat dari sesuatu yang belum mampu anda kendalikan. Setelah mobil pulih dari sebuah spin (putaran), ini membutuhkan kemampuan dan pengalaman.
  • Oleh karena keausan yang parah atau tidak merata adalah merupakan resiko mengemudi dengan cara ini, maka pastikan tapak yang cukup tersisa pada ban mobil anda ketika selesai Drifting, akan tetapi ban yang baik harus diperiksa oleh seorang profesional atau segera ganti baru.
  • Jika Anda berniat untuk drifting dalam sebuah SUV atau pickup, gunakan dengan sangat hati-hati, karena jenis kendaraan ini dapat terbalik. 
  • Hal ini dapat dilakukan tapi Anda harus sangat berpengalaman dalam Drifting.
  • FWD dan AWD adalah jenis mobil yang paling sulit untuk drifting dalam arti sempit, bukan berarti karena mobil ini hanya cukup untuk drag. Hal ini sangat mungkin meningkatkan keausan pada ban serta komponen bagian belakang suspensi dan dapat menyebabkan kerusakan yang cepat. 
  • Jika Anda serius Drifting, maka berusahalah untuk mendapatkan mobil RWD.
  • Jangan mencoba dan drifting di sebuah area parkir. Anda dapat merusak milik Anda maupun mobil milik orang lain dan hal ini buruk atau lebih buruk.
  • Gunakan Rem saat dibutuhkan untuk memperlambat mobil turun lebih cepat dari E-braking (rem tangan).
  • Ketahuilah dan pelajarilah dengan benar peraturan tentang berkendaraan bermotor di negara Anda. 
  • Anda dapat ditilang, didenda atau dipenjarakan karena drifting, bahkan meskipun tidak secara eksplisit dilarang dalam kode etik berkendaraan bermotor, biasanya ada "memahami semua" ketentuan bahwa penegakan hukum dapat menggunakan hukum untuk mencegah Anda terlibat dalam kegiatan ini.
  • Selalu drifting mobil dengan kecepatan terkendali, ketika Anda pertama kali mencoba untuk tetap drifting maka pertahankanlah kecepatan mobil anda di bawah 40 mph (60 Kph).
  • Meskipun Anda drifting mobil Anda di jalan dengan kecepatan 40-70 mph (60-90 Kph) coba cek jarak minimum dan maksimum drifting yang aman.
Alat yang anda butuhkan untuk drifting :
  1. Sebuah mobil (kalau tidak ada mobil, jelas tidak bisa drifting...hehe...)
  2. Mesin dan transmisi yang diservis dengan baik 
  3. Peralatan keamanan seperti roll cage dan tali balap
  4. Roda belakang yang bagus atau ke- empatnya lebih disarankan
  5. Ban belakang yang Murah disarankan ketika belajar
  6. Mekanisme limited slip differential (opsional)
  7. Mobil yang memiliki banyak kasta. Ini pada dasarnya berarti bahwa semakin Anda memutar roda depan Anda, semakin melengkung ke dalam camber. Anda butuhkan ini karena camber negatif akan meningkatkan kemampuan berputar. Demikian juga, meningkat camber POSITIF akan menyebabkan Anda memiliki lebih sedikit putaran, tapi memungkinkan sebuah mobil yang sejajar garis lurus (Camber adalah "miring" dari roda)
  8. Sebuah trek balap atau tanah terbuka (disarankan Anda meminta izin pemerintah setempat, karena ditilang itu tidak keren..hehe..)
  9. Kerucut atau penanda lainnya
  10. Sebuah papan skor dengan seorang teman untuk menilai sementara anda Drifting dan memberikan saran.
Okeh, cukup sekian dulu pelajaran kali ini, sampai jumpa di catatan seorang jaksa edisi otomotif berikutnya.
Patuhi Selalu Peraturan berlalulintas, jaga keselamatan anda, kendaraan anda dan keselamatan jiwa dan kendaraan orang lain.
Have a Nice and Safety Driving!!!
Sumber :
http://www.wikihow.com/Drift-a-Car
http://www.motormavens.com/tag/240sx/
 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot