Google Pagerank turun...apa masalahnya??

on 8.7.12
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Nah, blog Catatan Seorang Jaksa ini yang awalnya ada di peringkat 2 Google Pagerank, mendadak turun ke peringkat 1. Nah loh?? bukannya bagus Peringkat 1..?
Perlu kita ketahui bahwa peringkat pada Pagerank berbeda dengan peringkat pada sebuah kejuaraan atau peringkat pada pembagian rapor kenaikan kelas....hehe

Semakin besar angka peringkat suatu situs atau suatu blog, maka semakin tinggi popularitas sebuah situs atau blog tersebut. Jadi, para pemilik situs atau blog saling berpacu untuk naik kelas eh, menaikan nilai Pagerank mereka...haha..termasuk saya.


Sebuah situs atau blog akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi maupun content situs atau blog tersebut lebih berguna dari pada isi maupun content situs atau blog lain lain.
PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Sebagai ilustrasi : Sebuah situs atau blog yang mempunyai Pagerank 2 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs atau blog yang mempunyai Pagerank 1 dan kemudian seterusnya sampai yang lebih besar, sehingga apabila suatu situs atau blog mempunyai Pagerank 10, maka hal itu berarti situs atau blog tersebut paling banyak dicari, dikunjungi seantero dunia maya, sehingga google pun memprioritaskan situs atau blog tersebut pada posisi teratas dalam sebuah mesin pencari (search engine).

Apa faktor Penyebabnya Pagerank tersebut turun peringkat ?
Banyak sekali faktor penyebab turunnya Pagerank sebuah situs/blog di mesin pencari diantaranya adalah ; dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content sampai kepada sesuatu yang di istilahkan dengan doorway pages yaitu halaman yang khusus di desain untuk search engine (biasanya Meta Keywords, Meta Description yang dianggap google dicurangi).
Adalah sebuah Link popularity, yaitu teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan tadi.

Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap halaman web.
PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif).
Di jagat dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web tersebar diseluruh penjuru dunia maya itu. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web, sangat ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek bukan??
So, kesalahan-kesalahan dalam penggunaan sistem tadilah yang membuat anjloknya suatu situs atau blog dalam persaingan hidup dunia maya, baik itu sengaja maupun tidak.
Membuat situs atau blog sangatlah gampang, bagian yang tersulit dari semua itu adalah menjaga situs atau blog tetap eksis dan mampu bersaing di kancah internetan..hahaha..

okeh, sobat jaksa..cukup segini dulu yah. Soalnya mo buru-buru cari penyebab anjloknya blog ini, terus juga buru-buru perbaiki blog ini, trus..trus..trus..kiri <---kiri<---kiri<-----***gubraaaaak****..ooopss.... stop!!

Yah....Nabraaak deeeeh..Kaboooooorrr!!!!

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank
 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot